Skip to main content.
^ ATAS

Panduan bagi Pemakalah

Unduh panduan dalam bentuk PDF

  1. Pemakalah diharuskan mengirim naskah asli dalam bentuk softcopy (dalam file *.doc). Makalah belum pernah diterbitkan atau tidak sedang menunggu penerbitannya dalam media tertulis mana pun.
  2. Penulis diminta mencantumkan secara terpisah gelar, afiliasi kedudukan serta alamat.
  3. Makalah harus diketik dengan spasi 1,5 (satu setengah).
  4. Makalah dapat ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, harus disertai dengan judul yang cukup ringkas dan dapat melukiskan isi makalah secara jelas. Untuk yang berbahasa Indonesia, usahakanlah untuk menghindari penggunaan bahasa asing.
  5. Isi makalah terdiri dari Judul Naskah, Nama Pengarang, Intisari/Abstract, Pendahuluan, Tata Kerja/Prosedur Percobaan, Hasil Percobaan, Pembahasan, Kesimpulan dan Saran, Daftar Pustaka. Pakailah bahasa yang baik dan benar, singkat tapi cukup jelas, rapi, tepat dan informatif serta gampang dicerna/dimengerti.
  6. Makalah harus disertai ringkasan pendek dalam bahasa Indonesia dan abstract dalam bahasa Inggris, yang isinya merangkum secara singkat dan jelas tentang:
    1. Tujuan dan ruang lingkup litbang
    2. Metode yang digunakan
    3. Ringkasan hasil
    4. Kesimpulan
  7. Isi pendahuluan menguraikan secara jelas tentang:
    1. Masalah dan ruang lingkup
    2. Status ilmiah dewasa ini
    3. Hipotesis
    4. Cara pendekatan yang diharapkan
    5. Hasil yang diharapkan
  8. Tata kerja/prosedur percobaan ditulis secara jelas sehingga percobaan tersebut dapat diulang.
  9. Hasil dan pembahasan disusun secara rinci sebagai berikut:
    1. Data yang disajikan telah diolah, dituangkan dalam bentuk tabel atau gambar, serta diberi keterangan yang mudah dipahami
    2. Pada bagian pembahasan terlihat adanya kaitan antara hasil yang diperoleh dengan konsep dasar dan atau hipotesis
    3. Kesesuaian atau pertentangan dengan hasil litbang lainnya
    4. Implikasi hasil litbang baik secara teoritis maupun penerapan
  10. Kesimpulan berisi secara singkat dan jelas tentang:
    1. Esensi hasil litbang
    2. Penalaran penulis secara logis dan jujur serta fakta yang diperoleh
  11. Penggunaan singkatan atau tanda-tanda diusahakan untuk memakai aturan nasional atau internasional. Apabila digunakan sistem satuan maka harus diterapkan sistem internasional (SI).
  12. Grafik harus digambar secara rapih dan jelas di atas kertas putih dengan tinta hitam. Keterangan-keterangan di dalam gambar harus ditulis dengan huruf cetak. Teks gambar harus ditulis dalam bentuk "gambar" diikuti dengan nomor gambar dan keterangan ditik secara terpisah dan dilampirkan. Foto untuk dimuat harus dalam bentuk glosi. Nomor gambar dari foto dituliskan dengan pensil di bagian belakang. Penomoran persamaan ditulis (1), (2) dan penomoran gambar ditulis Gambar 1, 2.
  13. Tabel-tabel yang harus disertakan diberi nomor urutan dan diberikan penjelasan/teks untuk tabel yang dimaksud. Contoh penomoran tabel: Tabel 1, 2, 3
  14. Penyitiran pustaka dilakukan dengan memberikan nomor di dalam tanda kurung. Daftar pustaka itu sendiri dicantumkan pada bagian akhir dari naskah. Susunan penulisan dari pustaka sebagai berikut:
    1. Buku: penulis (semua penulis bila lebih dari seorang), judul buku, jilid dan edisi, halaman, tempat penerbitan, penerbit dan tahun penerbitan.
    2. Majalah: penulis (semua penulis bila lebih dari seorang), judul makalah, nama majalah, nomor volume, nomor halaman pertama dan terakhir dan tahun penerbitan.
    3. Laporan: penulis (semua penulis bila lebih dari seorang), judul laporan, nomor laporan, penerbit laporan dan tahun pembuatan laporan.
    4. Prosiding: penulis (semua penulis bila lebih dari seorang), judul makalah, nama prosiding, halaman, tahun dan pembuat prosiding.
  15. Penulis bertanggung jawab penuh atas kebenaran makalahnya.

Panitia Seminar Metalurgi 2009