HomeRapat & PertemuanP2MM Menjadi Tuan Rumah Renstra LIPI 2020-2024 Untuk Area Serpong

P2MM Menjadi Tuan Rumah Renstra LIPI 2020-2024 Untuk Area Serpong

Rapat & Pertemuan 0 likes 88 views share

Pada tanggal 19 April 2018 telah dilakukan Rapat Tindak lanjut evaluasi internal untuk Renstra 2020-2024 LIPI  di unit kerja LIPI lingkungan  Serpong.  Rapat dilaksanakan  dari jam 09.00 sampai 14.00  di Ruang Rapat Gedung 470, Pusat Penelitian Metalurgi dan Material LIPI.

Rapat  dipimpin oleh Deputi IPSK LIPI dan dihadiri oleh:

  1. Deputi Ilmu Pengetahuan Kebumian LIPI
  2. Kapuslit dan ketua PME, Puslit Fisika LIPI
  3. Kapuslit dan ketua PME, Puslit Metrologi LIPI
  4. Kapuslit dan ketua PME, Puslit SMTP  LIPI
  5. Kapuslit dan ketua PME, Puslit Metalurgi dan Material  LIPI
  6. Kapuslit Papiptek  dan Tim

Dalam pengantar Rapat, Deputi IPSK LIPI menyampaikan bahwa rapat ini merupakan pertemuan yang ke IV untuk penyusunan Renstra LIPI tahun 2020-2024 dan dilaksanakan untuk menentukan desain LIPI kedepan baik dari aspek Sumberdaya Manusia, Sarana dan Prasarana serta untuk menyelesaikan permasalahan permasalahan organisasi LIPI. Target waktu untuk penyusunan Renstra LIPI 2020-2024 adalah pada bulan Agustus 2018.

Pada pertemuan ini Deputi IPSK LIPI berharap setiap Puslit dapat memformulasikan “filosofi” yang dapat memberikan gambaran kompetensi yang dimiliki satuan kerja,  menjadi ciri dan keunggulan dari satuan kerja dan sekaligus menjadi pembeda satuan kerja dengan satuan kerja lainnya baik yang ada di lingkungan LIPI maupun di luar lingkungan LIPI.

Arahan lainya disampaikan oleh Deputi IPK LIPI terkait bagaimana membangun LIPI kedepan dan pentingnya satuan kerja untuk menonjolkan kompetensinya sehingga akan menjadi pembeda dengan satuan kerja lainnya

Dalam rapat tersebut juga dilaporkan oleh Tim dari Papiptek LIPI tentang nilai kompetensi (SDM, Infrastruktur dan Anggaran) satuan kerja LIPI yang ada di Lingkungan Serpong.

Dalam rapat juga disampaikan informasi terkait dengan “Filosofi” dari masing masing Satuan Kerja LIPI yang ada di Serpong yaitu:

  1. Pusat Penelitian Kimia LIPI disampaikan oleh Kapuslit Kimia LIPI
  2. Pusat Penelitian Fisika LIPI disampaikan oleh Kapuslit Fisika LIPI
  3. Pusat Penelitian Metalurgi dan Material LIPI disampaikan oleh Kapuslit Metalurgi dan Material LIPI
  4. Pusat Penelitian Metrologi LIPI disampaikan oleh Kapuslit Metrologi LIPI
  5. Pusat Penelitian SMTP LIPI disampaikan oleh Kapuslit SMTP LIPI

Dari hasil Rapat dapat disimpulkan sebagai berikut:

  1. Satuan kerja diharapkan dapat merumuskan “kata kunci  Filosofi” yang menjadi ciri satuan kerja dan pembeda satker dari satker lainnya
  2. Yang perlu ditonjolkan dalam perumusan kompetensi inti Satker adalah “bidang keilmuan yang menjadi kekuatan satker”. Sehingga dapat dijadikan pembeda dengan Satker lainnya.
  3. Pada akhir bulan April, setiap satuan kerja diharapkan dapat memberikan informasi tentang kata kunci Filosofi Satker ( 2 sampai 3 kata ) disertai penjelasan tentang Filosofi Satker tersebut. Penjelasan sekitar 2 sampai 3 halaman.
  4. Setiap Satker diharapkan menyampaikan informasi terkait “Pemangku Kepentingan” dari masing masing Satker. Informasi pemangku kepentingan untuk level kementerian hendaknya sampai dengan nama eselon  II nya.

Tindaklanjut evaluasi internal untuk renstra dilingkungan kerja lipi serpong