HomeUmumPusat Penelitian Metalurgi LIPI Kembangkan Shape Memory Alloy
sma

Pusat Penelitian Metalurgi LIPI Kembangkan Shape Memory Alloy

Umum 0 likes 1.6K views share

Shape memory alloy (SMA)  merupakan material cerdas yang memiliki kemampuan untuk mengingat bentuk sebagai respon dari panas, medan magnet atau gelombang elektromagnetik. Material ini sangat penting dalam industri sensor dan aktuator

Group penelitian pada pusat penelitian metalurgi LIPI yang dipimpin oleh Dr.Efendi Mabruri, Bintang Adjiantoro dan Bambang sriyono mengambangkan paduan shape memory alloy  berbasis  Ni-Ti  dan paduan shape memory berbasis Cu (Cu-Al-Ni dan Cu-Zn-Al) jenis baru  untuk aplikasi sensor panas .

Sebagai sensor dan aktuator material ini sangat bermanfaat untuk industri robotik dan automotive, dalam industri automotive shape memory alloy (SMA) digunakan dalam sistem pendinginan mesin, karburator dan sistem kontrol lubrikasi mesin. Shape memory alloy juga sangat penting dalam clamp, seal dan konektor.

Salah satu kunci shape memory alloy adalah transisi fasa martensit ke austenit yang melibatkan perubahan struktur kristal paduan. Pada kondisi suhu kamar shape memory alloy Ni-Ti  berada dalam fasa martensit dan mudah mengalami deformasi (perubahan bentuk)  . Material tersebut dapat kembali ke bentuk semula dengan memberikan stimulus termal  sehingga kembali berubah dari fasa martensit  ke austenit, kemudian berubah kembali dari austenit menjadi martensit ketika dilakukan proses pendinginan

Material ini merupakan material sangat penting dalam industri manufaktur dan otomasi dimasa yang akan datang seperti dikatakan Dr.Efendi Mabruri peneliti dari pusat penelitian metalurgi LIPI.

sma
Kawat dan per shape memory alloy

 

Pencarian terkait:

shape memory alloy adalah, alloy LIPI, dr efendi mabruri lipi, peneliti lipi effendi mubrori
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPrint this page