GRATIFIKASI

Pusat Penelitian Metalurgi dan Material (P2MM) – LIPI senantiasa berkomitmen untuk memperkuat governance khususnya terkait konflik kepentingan dalam pelaksanaan tugas. Salah satu konflik kepentingan yang menjadi perhatian P2MM – LIPI adalah terkait dengan penerimaan/pemberian hadiah (gratifikasi). Penerimaan hadiah yang terkait dengan tugas dan jabatan merupakan jembatan terjadinya konflik kepentingan yang merugikan kepentingan lembaga dan merupakan sumber korupsi yang meruntuhkan kredibilitas lembaga dan merugikan negara. Untuk itu, penting dilakukan pengaturan terhadap gratifikasi sebagaimana diatur dalam Peraturan Kepala LIPI Nomor 2 Tahun 2015 Tentang Pengendalian Gratifikasi di Lingkungan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Berdasarkan ketentuan tersebut, Aparatur Sipil Negara (ASN) di P2MM – LIPI wajib menolak hadiah yang diduga diberikan karena alasan tertentu. Dalam penegakannya, telah dibuatkan pelaporan penerimaan gratifikasi yang berkoordinasi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas adanya pelaporan gratifikasi tersebut.

Download Peraturan Kepala LIPI Nomor 2 Tahun 2015 Tentang Pengendalian Gratifikasi di Lingkungan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia