HomePenelitianBiokompatibelFGD “Merancang Masa Depan Kemandirian Implan Nasional”, bentuk Kerjasama Lintas Bidang : Metalurgi – Orthopaedi

FGD “Merancang Masa Depan Kemandirian Implan Nasional”, bentuk Kerjasama Lintas Bidang : Metalurgi – Orthopaedi

Biokompatibel FGD & Kuliah Umum Penelitian 7 likes 585 views share

PDHP P2MM-Tangsel. Sejak dibentuknya Kelompok Penelitian “Pengembangan Material Biokompatibel Untuk Implan dan Alat Medis” pada tahun 2015 di P2MM – LIPI, kerjasama lintas disiplin antara ilmu metalurgi material dengan dunia medis, dalam hal ini orthopedi, semakin intens saja. Hal tersebut dibuktikan dengan diselenggarakannya Focus Group Discussion (FGD) oleh Loka Pengembangan dan Aplikasi Material Biokompatibel Implan Orthopedi (Loka PAMBIO) – LIPI dengan melibatkan P2MM – LIPI serta Persatuan Ahli Bedah Orthopaedi (PABOI), yang dilaksanakan di Gedung IMERI FKUI pada tanggal 18 November 2017.

Hadir dalam acara ini, peneliti/staf teknis P2MM – LIPI maupun dokter dari bidang orthopaedi. FGD dengan tema “Merancang Masa Depan Kemandirian Implan Nasional” ini bertujuan untuk mereduksi ketergantungan implan impor yang sangat mahal, dengan menciptakan implan lokal dengan harga terjangkau.