HomeUmumDemi ‘Molarch’, P2MM – LIPI dan Osaka University Mengadakan MoU
Dok. BKHH LIPI

Demi ‘Molarch’, P2MM – LIPI dan Osaka University Mengadakan MoU

Umum 0 likes 248 views share

Tangsel, PDHP P2MM. Molecular Architectonics. Mungkin banyak diantara kita yang belum familiar dengan istilah ini. Tentu saja, karena Molecular architectonics atau molarch adalah hal baru yang belum banyak diaplikasikan dalam dunia teknologi dewasa ini. Seperti dikutip dari lipi.go.id, teknologi molekuler tingkat lanjut ini ke depan akan sangat berguna bagi industri, terutama elektronik, sensor, optikal, medik, pemrosesan informasi, hingga energi.

Dr. Andika Widya Pramono, selaku Kepala Pusat Penelitian Metalurgi dan Material (P2MM) – LIPI, sekaligus juga peneliti bidang ilmu metalurgi, melihat bahwa molarch yang sebelumnya telah diteliti dan dikembangkan selama tiga periode sejak 2010 hingga saat ini oleh Osaka University Jepang, akan sangat bermanfaat jika diaplikasikan dalam dunia teknologi di Indonesia. Terlebih, P2MM – LIPI telah memiliki seorang peneliti bernama Murni Handayani, yang dalam masa studinya di Osaka University, berkesempatan mengikuti dua periode awal dalam penelitian dan pengembangan teknologi molarch tersebut.

Atas dasar tersebut, Dr. Andika melakukan langkah konkrit dengan menandatangani kesepakatan Memorandum of Understanding (MoU)  antara P2MM – LIPI dengan Osaka University pada Kamis (9/3) lalu di Osaka, Jepang. Kerjasama ini dapat berupa pertukaran peneliti, studi S2 dan S3, kolaborasi riset, serta tidak menutup kemungkinan pembentukan pusat unggulan iptek serta twin laboratories.

Diharapkan kerjasama ini dapat meningkatkan kualitas penelitian di Indonesia, terutama dalam pengembangan teknologi Molecular Architectonics.

(dok. BKHH LIPI)

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPrint this page