HomeInternalBijih Laterit Nikel Sebagai Bahan Baku Pembuatan Baja Stainless

Bijih Laterit Nikel Sebagai Bahan Baku Pembuatan Baja Stainless

Internal 1 likes 120 views share

Endapan bijih laterit yang potensi sumber daya alamnya terdapat di Indonesia merupakan lapisan atas dari bijih nikel. Lapisan ini mengandung unsur besi yang tinggi dan nikel lebih rendah. Cadangan bijih jenis ini dapat dijadikan sumber bahan baku untuk menghasilkan baja dengan kandungan nikel antara satu hingga tiga persen. Kandungan sebesar itu cukup tinggi menghasilkan baja berkualitas baik yang sangat dibutuhkan dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Pengembangan bijih laterit ini dapat mendorong kemandirian industri baja di Indonesa sehingga dapat berpeluang bersaing dengan pasar global. Cadangan bijih jenis ini jauh lebih banyak dari cadangan bijih nikel kadar tinggi, dimana jumlahnya diperkirakan mencapai miliaran ton.

Bagaimana pembahasan lebih lanjut terkait pengembangan baja dari bijih laterit ini dapat disimak dari artikel wawancara Profesor Andika W. Pramono salah satu sivitas Pusat Riset Metalurgi, BRIN di salah satu majalah internasional Stainless World Magazine yang dapat diakses di https://viewer.joomag.com/stainless-steel-world-magazine-march-2022-sample/0380509001645693896. (MIA)