HomeInternalBelajar Teknik Karakterisasi Mineral dan Logam, Politeknik Energi dan Pertambangan Kunjungi Pusat Riset Sains Material dan Metalurgi BRIN

Belajar Teknik Karakterisasi Mineral dan Logam, Politeknik Energi dan Pertambangan Kunjungi Pusat Riset Sains Material dan Metalurgi BRIN

Internal 1 likes 363 views share

Serpong, Humas BRIN. Mahasiswa beserta dosen Politeknik Energi dan Pertambangan (PEP) Bandung mengunjungi Pusat Riset Sains Material dan Metalurgi, Badan Riset dan Inovasi Nasional (PRMM – BRIN) pada Kamis (2/12). Tujuan mereka adalah untuk mendapatkan ilmu terkait teknik karakterisasi mineral dan logam, mengunjungi laboratorium, dan inisiasi kolaborasi riset.

Kepala PRMM – BRIN, Nurul Taufiqu Rochman, hadir untuk menyampaikan sambutannya akan pentingnya pengelolaan sumber daya alam seperti pertambangan dengan baik. “Karena memang Indonesia kaya akan sumber daya alam. Dan tidak ada jalan bagi kita dan adik-adik harapan kita, kecuali sumber daya alam ini diolah, diekstrak, dari teknologi kita sendiri. Kalau tidak sampai kapan pun kita tidak akan mendapatkan manfaat yang paling besar dan ini peluang luar biasa,” ujarnya.

“Sudah sangat lama sumber daya alam kita yang memanfaatkan oleh negara lain. Dan Indonesia tidak muncul pengusaha maupun ilmuan serta teknologinya,” imbuhnya.

Nurul menyampaikan bahwa para mahasiswa yang memilih politeknik energi dan pertambangan adalah sangat tepat.  “Ke depan harusnya ini akan menjadi sebuah peluang baru dan Indonesia menjadi negara maju, negara yang bangkit, mempunyai lima kekuatan ekonomi terbesar di dunia, tetapi syaratnya dengan mengolah sumber daya alamnya sendiri,” terangnya.

Profesor riset ini berharap para mahasiswa bisa belajar banyak dalam proses penguasaan teknologi metalurgi dan material. “Adik-adik harus optimis karena bidang ini tidak bakal lepas dari strategi utama Indonesia jika Indonesia ingin menjadi maju, terdepan dalam perekonomian dunia,” pesannya.

Deni, Dosen Politeknik Energi dan Pertambangan (PEP) Bandung menjelaskan alasan berkunjung ke PRMM. “Kami baru tiga tahun berdiri. Tujuan kami di sini kami ingin mengetahui posisi kami khusus bidang Metalurgi dan Material. Sekarang kami berkesempatan bertemu dengan suhunya dalam metalurgi dan material di PRMM – BRIN,” ungkapnya.

“Kami ingin melihat bagaimana para peneliti di BRIN ini dengan segala fasilitas dan kemampuan, semangat penelitian, dengan menghasilkan banyak karya, paten, publikasi, dan sebagainya,” lanjutnya.

Selanjutnya, mahasiswa mendengarkan materi kuliah dari Profesor Riset PRMM, Andika Widya Pramono. Andika mengajarkan rekapitulasi karakterisasi mineral dan logam secara teori serta sejarah PRMM – BRIN. Kemudian, acara dilanjutkan dengan kunjungan ke berbagai laboratorium di PRMM. (hrd/ ed: adl)