HomePenelitianBaja LateritBaja Unggul Menjadi Primadona di Pameran IPTEK Rakernas Ristekdikti

Baja Unggul Menjadi Primadona di Pameran IPTEK Rakernas Ristekdikti

Baja Laterit Penelitian 2 likes 1.3K views share

(Tangerang Selatan – PDHP P2MM) Produk baja unggul yang secara resmi telah menjadi produk unggulan dari Pusat Unggulan Iptek (PUI) Kemenristekdikti, dipamerkan pada acara Rakernas Ristekdikti di Gedung Widya Graha Dewan Riset Nasional, Puspiptek, Tangerang Selatan. Dalam acara yang berlangsung pada 1 dan 2 Februari 2016 tersebut, produk baja unggul milik P2MM – LIPI cukup menarik perhatian pengunjung, karena sebagai sebuah produk nasional, P2MM – LIPI mampu mengoptimalkan cadangan bijih nikel laterit di Indonesia sebanyak 1576 Mt atau sekitar 15% dari cadangan nikel di dunia yang tersebar di Sulawesi, Halmahera, Papua dan Kalimantan.

“Baja dengan kadar rendah namun lebih kuat ketimbang baja berkadar besi tinggi” Demikian Kepala P2MM – LIPI, Dr. Andika Widya Pramono berpromosi.

Tim dari P2MM – LIPI memprediksikan pada tahun 2020 konsumsi baja Indonesia akan mencapai 20 juta ton, sehingga produksi baja unggul laterit ini sangat penting demi menghindari ketergantungan Indonesia terhadap produk baja impor dari luar negeri.

IMG_5344

Tim Baja Unggul di Rakernas Kemenristekdikti