HomeTraining & WorkshopPelatihan Pemeriksaan Barang Impor “Indentifikasi Produk & Sekrap Logam”

Pelatihan Pemeriksaan Barang Impor “Indentifikasi Produk & Sekrap Logam”

Training & Workshop 0 likes 96 views share

Pusat Penelitian Metalurgi dan Material LIPI menyelenggarakan Diklat Pemeriksaan Barang Impor dengan tema “Identifikasi Produk dan Sekrap Logam” pada tanggal 16 sampai dengan 19 April 2018. Diklat ini diselenggarakan dengan permintaan dari Balai Pengujian dan Identifikasi Barang (BPIB), Direktorat Jenderal Bea Cukai, Kementrian Keuangan.

Seperti diketahui bahwa perkembangan perdagangan internasional, baik yang menyangkut kegiatan di bidang impor maupun ekspor akhir-akhir ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Pesatnya kemajuan di bidang tersebut ternyata menuntut diadakannya suatu sistem dan prosedur kepabeanan yang lebih efektif dan efisien serta mampu meningkatkan kelancaran arus barang dan dokumen.

Dari kondisi di atas BPIB diharapkan mampu mengidentifikasi barang impor yang hadir diantaranya untuk produk baja, sekrap logam dan non logam. Oleh karena itu P2MM – LIPI hadir untuk meningkatkan keahlian para staf BPIP mengenali produk – produk tersebut. Para pengajar dari P2MM – LIPI adalah para peneliti senior yang juga memiliki ilmu praktisi di lapangan.

Peserta mengunjungi salah satu lab di P2MM

Dalam empat hari pelaksanaan diklat, materi yang diberikan oleh P2MM – LIPI diantaranya adalah; pengetahuan logam paduan, besi dan non besi, identifikasi produk baja bentuk lembaran, pelat, gulungan, kawat serta baja dalam bentuk long produk, identifikasi sekrap logam dan non logam, mengenal pelapisan secara elektroplating dan hot dip galvanizing, serta identifikasi struktur logam di laboratorium.

Dari beberapa testimoni peserta BPIB, mereka merasa sangat terbekali dengan materi-materi yang diberikan, selain itu sesi diskusi di akhir pelaksanaan diklat sangat membantu menjawab permasalahan-permasalahan BPIB di lapangan untuk produk – produk baja dan sekrap logam ataupun non logam.

Jempol untuk P2MM – LIPI atas pekerjaan ini, semoga diklat ini bisa terus dapat berlanjut setiap tahunnya dengan BPIB Departemen Bea Cukai, Kementrian Keuangan.

Suasana kelas dalam pelatihan Identifikasi Produk dan Sekrap Logam